SEBANYAK 10 jenama (brand) lokal yang terpilih dan telah terseleksi di Warung Rojali mendapat fasilitas pemasaran dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf).
Warung Rojali merupakan persembahan Kemenparekraf yang berlokasi di Lantai 2 Lobi Gedung Sapta Pesona Jakarta, beserta Live Shopping. Warung Rojali yang hadir dengan desain baru sepanjang Januari-November 2024 adalah rangkaian kegiatan untuk meningkatkan promosi dan penjualan produk kreatif.
Hal itu disampaikan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno saat The Weekly Brief with Sandi Uno di Jakarta, Senin (5/2).
“Warung Rojali ini akan menampilkan masing-masing 2 produk dari 10 jenama ekraf yang telah dikurasi dari hasil rekomendasi para pelaku binaan Kemenparekraf. Ini merupakan batch pertama dari total 5 batch di Warung Rojali,” jelasnya dalam siaran pers yang dilansir kemenparekraf.go.id, Selasa (6/2).
Setiap 2 bulan sekali, lanjut Sandiaga, akan terdapat batch baru berisikan 10 jenama lokal baru yang akan dipromosikan di Warung Rojali.
“Sehingga, nantinya akan terdapat puluhan jenama lokal yang dipromosikan di Warung Rojali. Mari dukung perjuangan para pelaku usaha lokal dengan membeli dan menggunakan produk dalam negeri,” imbuh Menparekraf.
Etalase untuk jualan
Pada kesempatan yang sama, Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf/Baparekraf Ni Made Ayu Marthini menjelaskan, pihaknya mendapatkan testimoni dari berbagai rekan bahwa kantor Kemenparekraf suasana dan lobinya mirip dengan lobi hotel.
“Di lobi hotel juga biasanya ada etalase untuk jualan. Jadi kami ingin memberikan kepada publik nantinya pengalaman untuk tidak hanya melihat tapi juga membeli di Warung Rojali termasuk bagi para pegawai di sini,” ujarnya.
Warung Rojali batch pertama ini, lanjut Ni Made, akan memfasilitasi 10 jenama dengan kategori Fesyen, Kriya, dan Kuliner. Mereka adalah Merapi Mountain, Timurasa, Medina Sportswear, Imanggo Ethnic, Ganesha Sora, Haluan Bali, Eboni Watch, Ladang Lima, Nanababycarrier, dan Voordurend.
Pemilik jenama yang akan mengisi Warung Rojali dari Merapi Mountain Hendri Agustin dan Tejasari mengatakan, produknya menawarkan berbagai macam kelengkapan alam bebas seperti hiking dan outdoor.
“Ada 3 gerai saat ini, kami berharap dengan majunya wisata minat khusus, pelaku-pelaku bisa memakai produk kami sehingga mendorong semakin majunya produk-produk lokal Indonesia,” ujarnya. (SG-1)